Bagaimana Cara Pakai Paylater Bukalapak untuk Pinjaman?

Kalo Bukalapak paylater untuk belanja atau cicilan, mungkin udah banyak nih yang tau. Tapi kalo Bukalapak paylater buat pinjaman, kamu udah tahu belum?

Khususnya buat kamu yang lagi perlu pinjaman darurat atau bahkan modal bisnis, layanan paylater ini bisa cukup membantu. 

Sebab, syarat pengajuan pinjamannya nggak sesusah dan sebanyak pinjaman konvensional pada umumnya. Selain itu, limit yang bisa diberikan untuk pinjaman juga lumayan. Yang terpenting, bisa cair cepat. 

Terus, gimana cara mendapatkan Bukalapak paylater?

Yuk, kita bahas langkahnya satu persatu!

Ketahui layanan paylater yang tersedia di Bukalapak

Hal pertama yang perlu kamu ketahui lebih dulu adalah perusahaan fintech atau paylater yang bekerja sama dengan Bukalapak. Saat ini, Kredivo, Akulaku, Dana, dan Ceria adalah tiga fintech yang terdaftar dan bermitra dengan Bukalapak. Ini artinya, kamu bisa bertransaksi di Bukalapak dengan metode bayar nanti atau cicilan dengan menggunakan 3 fintech tersebut. 

Kenapa harus mengetahui paylater yang bermitra atau tersedia di Bukalapak? 

Sebab, dengan begitu, kamu jadi bisa menggali informasi lebih lanjut dan mengenali mana fintech yang secara syarat dan ketentuan serta layanan paling cocok dengan profil atau kebutuhanmu. 

Sebab, nggak semuanya punya fitur pinjaman tunai. Sebagian hanya bisa digunakan untuk bertransaksi nontunai di Bukalapak. 

Daftar paylater yang punya opsi atau fitur pinjaman tunai

Dari daftar tersebut, Kredivo adalah fintech yang punya fitur pinjaman tunai. Selain populer karena cicilan 0%-nya yang tanpa uang muka, Kredivo juga dikenal sebagai fintech yang bisa kasih limit besar, maksimal Rp 30 juta, lebih tinggi dari fintech sejenisnya. 

Nah, fitur pinjaman tunai di Kredivo berlaku jika kamu sudah menjadi pengguna Kredivo. Jadi, kalau tertarik pakai fitur ini, pastikan kamu juga terdaftar sebagai pengguna Kredivo ya, bukan cuma pengguna Bukalapak aja. 

Gimana caranya mendaftarkan diri sebagai pengguna Kredivo?

Gampang banget! 

Pertama, kamu harus memenuhi 3 syarat dasar ini: 

  1. Sudah berusia minimal 18 tahun. 
  2. Punya penghasilan tetap minimal sebesar Rp 3 juta per bulan. 
  3. Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, Kediri, Tasikmalaya, Tegal, Lampung, Banjarmasin, dan Pontianak.

Kalau sudah memenuhi syarat, langsung aja download aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store untuk daftar akun, ya. 

Pelajari syarat & ketentuan pinjaman

Setelah itu, kamu perlu tahu syarat pinjaman yang berlaku di Kredivo, yaitu: 

  1. Pinjaman tunai berlaku untuk pengajuan minimal 500 ribu dan maksimal sejumlah limit untuk tenor 6 bulan yang kamu punya. 
  2. Pinjaman tunai memiliki 2 opsi tenor pengembalian, yaitu 3 bulan dan 6 bulan. 
  3. Pinjaman tunai memiliki tingkat suku bunga sebesar 2.6% per bulannya. 
  4. Ada biaya admin sebesar 6% dari total pinjaman yang akan dipotong langsung dari pencairan. 

Setuju dengan syarat tersebut? Nah, kamu bisa langsung ajukan pinjaman sesuai kebutuhanmu melalui fitur “Pinjaman Tunai” di aplikasi Kredivo, ya. 

Cek simulasi pinjaman, bunga, dan tata cara pembayarannya

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan untuk mengajukan pinjaman di aplikasi Kredivo adalah mengisi tujuan pinjaman. Mulai dari kebutuhan sehari-hari, pembayaran pinjaman, biaya nikah, pengobatan, renovasi rumah, dan yang lainnya. 

Kemudian, masukkan nominal pinjaman yang kamu inginkan dan pilih bank tujuan. Pastikan bank tujuan dan rekening yang dicantumkan atas namamu sendiri supaya pinjaman dapat disetujui. 

Setelah itu, periksa detail pinjaman yang tersedia di aplikasi. Salah satu contohnya, untuk pinjaman Rp 1 juta, simulasinya akan menjadi: 

  1. Pinjaman yang diajukan Rp 1 juta. 
  2. Biaya administrasi sebesar 6% atau Rp60.000. 
  3. Dana yang akan kamu terima ke rekening adalah Rp940.000 setelah dipotong biaya admin. 
  4. Jika memilih tenor 3 bulan, cicilan per bulannya menjadi Rp359.340.
  5. Jika memilih tenor 6 bulan, cicilan per bulannya menjadi Rp192.670. 

Jika kamu sudah setuju dengan simulasi dan semua detail di atas, maka kamu dapat melanjutkan proses pinjaman dengan mengeklik tombol “ambil pinjaman”. Ikuti prosesnya hingga selesai. 

Kalau sudah, tunggu dalam waktu 1 hari kerja untuk proses approval & pencairan limit. Apabila tidak ada kendala pada pengajuan pinjaman, maka pinjamanmu bisa cair cepat dalam waktu 1 hari. 

Namun, penting untuk diketahui bahwa ada biaya denda keterlambatan sebesar 6% plus bunganya sebesar 4% jika kamu telat membayar angsuran. Lumayan besar, ya?

Maka dari itu, untuk setiap pinjaman yang ingin diajukan, sebaiknya dipertimbangkan dengan matang dan hanya untuk kebutuhan penting. Hindari meminjam dana lewat paylater untuk kebutuhan konsumtif dan bisa ditunda, ya. 

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *