Bisnis Tanpa Modal? Begini Caranya!

source gambar : pexels.com/Vlada Karpovich

Bisnis tanpa modal memang sangat banyak diminati oleh para pekerja yang menginginkan pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan. Namun, pada dasarnya bisnis ini juga memiliki tantangan yang harus kamu ketahui.

1.    Mulailah Dengan Model Bisnis Berbiaya Rendah

Jika Anda tidak memiliki banyak tabungan, kamu memerlukan model bisnis yang tidak membutuhkan banyak uang untuk memulai. Bisnis yang bergerak di bidang jasa pada umumnya jauh lebih murah untuk memulai bisnis dibandingkan dengan bisnis yang berbasis produk.

Hal ini disebabkan karena pendapatan kamu dihasilkan melalui keterampilan dan waktu yang digunakan, bukan dari barang berwujud yang perlu dibeli atau diproduksi.

Bisnis jasa dapat mencakup hal-hal seperti: tutor mata pelajaran, pelatih gym, instruktur senam, desainer grafis, fotografer, digital marketer, konsultan bisnis, penulis, penerjemah, dan lain – lain.

2.    Hitung biaya bisnis

Jika kamu mempertimbangkan untuk memulai bisnis tanpa modal apa pun, penting untuk menghitung perkiraan biaya untuk membuat target tabungan yang memungkinkan kamu memiliki cukup dana untuk dikeluarkan dengan nyaman.

Biaya awal biasanya meliputi:

  • Registrasi: Biaya pendaftaran usaha atau SIUP.
  • Pemasaran dan branding: Terlepas dari bagaimana kamu memilih untuk mempromosikan bisnis baik secara digital atau tradisional, pembuatan materi promosi tetap akan membutuhkan biaya.
  • Aset: Ini semua meliputi peralatan dan inventaris seperti komputer, perlengkapan kantor, dan bahan – bahan lainnya.
  • Biaya: Ini termasuk biaya yang diperlukan untuk menjalankan bisnis seperti gaji (jika merekrut karyawan), ruang kantor atau ruang produksi, internet, listrik, dan lainnya.

Buat daftar semua kemungkinan biaya yang mungkin dikeluarkan pada bisnis yang akan kamu buat, serta pengeluaran rata-rata bulanan. Bersikaplah realistis – lebih baik bersiap untuk skenario terburuk daripada terjerat hutang yang tidak diinginkan.

Minimumkan Pengeluaran

Jika Anda ingin memulai bisnis tanpa modal, sangat penting untuk menjaga biaya seminimal mungkin. Berikut adalah trik sederhana yang bisa kamu coba:

  • Bekerja dari rumah. Kamu tidak hanya menghemat ruang kantor, tetapi kamu juga menghemat biaya perjalanan.
  • Temukan layanan online murah atau gratis. Layanan online secara gratis dapat dikatakan cukup mudah ditemukan. Misalnya, kamu dapat membangun situs web dasar dengan layanan seperti WordPress atau Blogspot dan memasarkan bisnis kamu secara efektif melalui Story Facebook atau Reels Instagram. Kamu juga dapat menemukan orang untuk melakukan banyak tugas untuk kamu dengan tarif rendah melalui situs web freelancer.
  • Rencanakan arus kas. Jika pelanggan tidak membayar tagihan mereka tepat waktu, kamu juga tidak akan dapat membayar diri sendiri atau pun karyawan (jika ada). Jadi, pastikan usahamu tidak akan kehabisan dana.
  • Sumber dana lain. Saat membangun bisnis tanpa modal, kamu juga mungkin perlu menyiapkan sumber dana lainnya untuk kamu gunakan saat sewaktu – waktu kamu ingin mengembangkan bisnis atau saat bisnis sampingan tanpa modal ini tiba – tiba membutuhkan biaya darurat.
  • Berdoa. Berdoa dan memulai niat awal dengan baik akan memperlancar usaha kamu ke depannya. Percayalah bahwa bisnis sampingan yang kamu lakukan tidak semata – mata berjalan karena dirimu sendiri, melainkan faktor orang lain juga, dan tentunya terdapat faktor keberuntungan yang menyertai.
  • Gaya hidup. Jika kamu menginginkan pekerjaan utama dan pekerjaan sampingan berjalan dengan baik, maka kamu perlu memperbaiki gaya hidup kamu. Mulailah belajar bangun pagi, melakukan olahraga, mengonsumsi makanan sehat, dan menghindari hal – hal yang membuang waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *