Ketahui 7 Manfaat Pisang Raja untuk Kesehatan

Pisang adalah salah satu buah yang mudah kita temui di banyak tempat. Bahkan buah yang satu ini dapat kita jumpai kapan pun karena tidak kenal musiman.

Salah satu jenis pisang yang disukai banyak orang adalah pisang raja. Ukurannya yang agak besar dan manis cocok dimakan langsung atau dikonsumsi menjadi aneka makanan dan minuman olahan.

Jenis pisang yang tumbuh di asia tenggara ini memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Di dalam 100 gram pisang raja, setidaknya terdapat 108 kkal, 28,2 gram karbohidrat, 1,3 gram protein, 69,3 gram air, vittamin B1, B2, B3, vitamin C, mineral, hingga 0,7 gram serat.

Berikut ini manfaat pisang raja untuk kesehatan:

  1. Melancarkan Pencernaan

Pisang adalah sumber serat yang baik. Pisang mengandung dua jenis serat utama, yakni pektin dan pati.

Pati mudah dicerna di usus besar sehingga menjadi makanan bagi bakteri yang menyehatkan usus.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa pektin dapat membantu melindungi tubuh dari kanker usus besar.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Pisang memiliki beberapa nutrisi yang membuatnya menjadi makanan ramah penurun berat badan. Pisang memiliki kalori yang relatif sedikit, yakni rata-rata 100 kalori tetapi cukup mengenyangkan.

Selain itu, pisang raja yang mentah kaya akan pati resisten, sehingga cenderung sangat mengenyangkan dan dapat mengurangi nafsu makan.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kalium adalah mineral yang penting untuk kesehatan jantung, terutama kontrol tekanan darah.

Pisang adalah sumber makanan potasium dan kalium yang baik. Satu pisang ukuran sedang (118 gram) mengandung 9% RDI.

Diet kaya kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah, dan orang yang makan banyak kalium memiliki risiko penyakit jantung hingga 27% lebih rendah.

Selain itu, pisang mengandung jumlah magnesium yang cukup, yang juga penting untuk kesehatan jantung.

  1. Antioksidan Yang Kuat

Buah-buahan dan sayuran adalah sumber antioksidan makanan yang sangat baik, khususnya pisang. Antioksidan di dalam pisang cukup kuat, termasuk dopamin dan katekin.

Dua jenis antioksidan ini baik untuk kesehatan, seperti menurunkan risiko penyakit jantung dan penyakit degeneratif. Adapun dopamin dari pisang bertindak sebagai antioksidan kuat yang menangkal radikal bebas.

5. Meningkatkan Kesehatan Ginjal

Kalium sangat penting untuk mengontrol tekanan darah dan fungsi ginjal yang sehat.

Sebagai sumber makanan potasium yang baik, pisang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal. Studi menunjukkan mereka yang makan pisang 2-3 kali per minggu 33% lebih kecil kemungkinannya untuk terkena risiko penyakit ginjal.

6. Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Resistensi insulin adalah faktor risiko utama bagi banyak penyakit paling serius di dunia, termasuk diabetes tipe 2. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa 15-30 gram pati resisten per hari dapat meningkatkan sensitivitas insulin sebesar 33-50% hanya dalam empat minggu. Pisang adalah buah yang memiliki pati resisten yang baik.

7. Menyehatkan Otot

Pisang adalah makanan yang baik bagi para atlet atau orang-orang yang memiliki latihan olahraga ekstra. Kandungan mineral dan karbohidrat yang mudah dicerna pada pisang membantu mengurangi kram dan nyeri otot. Pisang memberikan nutrisi yang sangat baik saat sebelum, selama dan setelah latihan ketahanan.

Anda bisa mendapatkan pisang raja yang berkualitas dan manis di TaniHub. Platform e-commerce yang satu ini menjual berbagai kebutuhan pokok, mulai dari sayur, buah, ikan, telur hingga daging terbaik. Ayo buruan download aplikasi Tanihub melalui AppStore dan Play Store serta raih promo setiap minggunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *