cara membuat di rumah untuk camilan sore bersama keluarga

10 Potret Donat Unik, Ada yang Rasa Bubble Gum hingga Topping Serangga

Donat kentang merupakan salah satu jenis varian dari donat yang terbilang cukup populer. Selain dari kelezatan yang ada dalam setiap gigitan donat kentang yang renyah, ternyata cara membuat donat kentang ini juga cukup mudah dan sederhana. Dan tentunya anda bisa membuat donat kentang dirumah anda, topping atau lapisan donat tersebut bisa anda modifikasi sesuai selera. Jadi, jika anda tidak terlalu suka gula halus atau kayu manis yang biasanya terdapat pada donat kentang anda bisa menggantinya dengan coklat ataupun selai lainnya. Dibawah ini kami telah menyiapkan resep donat kentang sederhana yang mungkin bisa anda coba membuat di rumah untuk camilan sore bersama keluarga :

Bahan:

  • 1/2 gelas susu dingin
  • 1/2 gelas susu panas
  • 2 bungkus ragi kering aktif
  • 1/4 gelas air hangat
  • 1/2 cangkir gula pasir
  • 1/4 cangkir plus 2 sendok makan vegetable shortening (mentega putih)
  • 2 gelas kentang tumbuk yang telah di dinginkan
  • 2 telur
  • 2 sendok teh garam
  • 4 cangkir tepung terigu serbaguna (sedikit ditambahkan untuk langkah penaburan)

Lapisan:

  • 1/2 cangkir (1 batang) mentega tawar yang telah dilelehkan
  • 1 cangkir gula pasir
  • 3 1/2 sendok makan bubuk kayu manis (pilihan opsional)
  • Minyak sayur untuk menggoreng

Langkah Membuat :

  1. Panaskan minyak hingga suhu mencapai 190 derajat celcius.
    Campur gula dan kayu manis didalam mangkuk hingga tercampur rata, sisihkan.
    3. Dalam mangkuk kecil, campur kedua susu dan aduk untuk membuat susu hangat suam. Hal ini dilakukan agar mencegah susu yang mendidih menjadi dingin.
    4. Campurkan ragi dan air kemudian diamkan selama 5 menit untuk mengaktifkan ragi di dalam mangkuk kecil.
    5. Masukkan gula dan mentega ke dalam mangkuk pencampur serta krim secara bersama-sama. Tambahkan kentang dan teruskan sampai benar-benar tercampur rata sempurna.
    6. Tambahkan telur, susu, air ragi, dan garam dan terus aduk hingga tercampur rata. Secara bertahap tambahkan tepung, 1 gelas setiap kali dan terus aduk sampai adonan terbentuk.
    7. Letakan adonan ke permukaan yang telah diberi taburan tepung dan uleni sampai adonan halus tapi lengket, sekitar 5 menit. Masukkan adonan ke dalam mangkuk yang dilumuri dengan sedikit minyak dan tutup dengan handuk basah atau bungkus plastik dan taruh di tempat yang hangat sampai adonan berukuran dua kali lipat, sekitar 1 jam.
    8. Kemudian letakan adonan ke permukaan yang sudah diberi tepung sekali lagi. Gilingng adonan menjadi lempengan setebal 1/2 inci.
    9. Gunakan pemotong lingkaran berukuran 3 inci, potong adonan kecil kecil dan cungkil lubang di tengah masing-masing dengan jari-jari Anda (lakukan dengan lembut untuk memastikan anda tidak merusak donat kentang anda), letakkan di atas loyang dengan kertas roti yang telah diberi sedikit minyak.
    10. Tutup dengan bungkus plastik dan letakkan di tempat yang hangat sampai adonan kecil tersebut berukuran dua kali lipat.
    11. Keluarkan adonan donat dengan hati-hati dari perkamen dan masukan ke dalam minyak yang telah dipanaskan. Goreng setiap donat kentang sekitar 3 menit di setiap sisi atau sampai berwarna oranye keemasan.
    12. Tiriskan donat ke atas tisu atau kertas, selagi masih hangat olesi perlahan masing-masing dengan mentega cair di kedua sisi, dan aduk dalam campuran gula-kayu manis sampai sepenuhnya dilapisi. (Jika anda tidak menyukai kayu manis anda bisa mengganti opsi ini dengan topping yang anda sukai) Tadaa, donat kentang anda sudah siap disajikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *