3 Makanan Ciri Khas NTT

Hasil gambar untuk Se’I Daging Sapi Asap Khas NTT

Sebagaimana yang diketahui bahwa selain terkenal dengan keindahan alamnya yang indah, NTT juga sangat terkenal dengan makanannya yang khas. Oleh karena itu dalam artikel kali ini akan memberikan informasi tentang 3 makanan khas NTT sebagai berikut :

  • Se’I Daging Sapi Asap Khas NTT

Se’i ini artinya daging tipis yang memanjang dalam bahasa Pulau Rote. Se’i ini memang daging yang dipotong secara memanjang sebelum dilakukan proses pengasapan. Perlu diketahui bahwa yang membedakan se’i daging sapi ini dengan daging sapi asap biasa adalah dari penggunaan orang dan kayu tanaman kosambi. Proses pengasapan dengan menggunakan kosambi ini bisa memberikan aroma dan sensasi berbeda jika dibandingkan dengan daging sapi asap biasa. Prose pembuatannya dimulai dengan melumuri daging sapi dengan garam, bumbu seperti lada dan penyedap rasa, ditambah dengan madu timor yang bisa ditemukan di NTT. Lalu sisihkan daging untuk menyerap bumbu serta biarkan selama beberapa jam. Sebelum proses pembakaran, iris daging menjadi panjang-panjang dengan ketebalan sekitar 2-3 cm. Kemudian siapkan bara api dari kayu kosambi, tutpi bara dengan daun tanaman kosambi atau daun kosambi ditempelkan ke daging sapi supaya yang menyentuk daging hanya hawa panas dan asap dari asal pembakaran. Selain itu, biasanya posisi daging sapi ini digantung di atas bara agak tinggi supaya tidak terkena apinya.

  • Ikan Kuah Belimbing

Ikan Kuah Belimbing ini biasanya terbuat dari ikan tongkol yang dimasak seperti sop, namun makanan ini ada tambahan bumbu-bumbu halus spesial dan juga buah belimbing yang diiris tipis. Adapun bumbu-bumbu yang biasa digunakan untuk masakan ini adalah bumbu halus yang terdiri dari gula pasir, garam, merica, kunyit, bawang merah, bawang putih, cabe keriting, belimbing wuluh, daun bawang, daun jeruk purut dan serai. Kalau perlu anda juga bisa menambahkan bumbu penyedap secukupnya. Ikan Kuah Belimbing ini memiliki citarasa asan segar namun tetap gurih dan lezat. Selain ada irisan belimbing, terkadang ada juga sayur-sayuran lain yang ditambahkan.

  • Rumpu Rampe

Rumpu Rampe ini merupakan jenis tumisan yang biasanya disajikan di rumah-rumah sebagai hidangan sayur pavorit. Rumpu Rampe ini biasanya terdiri dari daun bunga pepaya yang ditumis dengan tambahan bawang putih, bawang merah, cabe merah dan cabe rawit jika anda suka rasa pedas. Lalu semua bahan tersebut ditu,is dengan bumbu seperti gula dan garam serta rempah-rempah lainnya.

Dari ke tiga makanan khas NTT di atas mana yang ingin anda coba? Demikianlah artikel kali ini tentang 3 makanan khas NTT semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *